Senin, 03 Desember 2012

Pipa Utama Ekspor Minyak Yaman Kembali Diledakkan

Pipa Utama Ekspor Minyak Yaman Kembali Diledakkan

WartaNews, Sana`a - Pipa utama minyak ekspor Yaman diledakkan lagi tak lama setelah para insinyur telah memperbaiki itu, kantor berita Saba yang dikelola negara melaporkan.

Serangan keempat dari jenis yang sama dalam waktu kurang dari sebulan menghantam pipa yang sama pada di provinsi timur laut dari Marib, menyoroti ketidakamanan terus-menerus di Yaman satu tahun setelah pergolakan politik di negara itu.



"Layanan keamanan di Marib menuduh Mohammed Hassan Kalfout dari pemboman pipa di daerah Kilometer 39 pada hari Jumat lalu, hanya setengah jam setelah para insinyur selesai memperbaiki jalur pipa dari kerusakan pemboman sebelumnya terjadi pada 11 November," kata Saba, mengutip interior kementerian pernyataan.

Kalfout adalah suku terkenal dari Abida Wadi kuat suku di Marib, di mana pihak berwenang setempat menyalahkan serangan sebelumnya pada pipa meskipun bala bantuan pemerintah untuk mengamankan jalur dan perbaikan.

Para pejabat mengatakan suku tersebut marah dan meluncurkan serangan pembalasan atas hukuman mati terhadap dua anggota klan mereka, di mana seorang otoritas pemerintah telah dituduh bergabung dengan cabang Al-Qaeda lokal dan membunuh beberapa tentara selama dua tahun terakhir.

Pipa dengan panjng 272-mil (sekitar 438 km) membawa sekitar 110.000 barel minyak per hari dari ladang minyak Marib ke terminal ekspor Isa Ras di Laut Merah.

Pada bulan Agustus, pipa kembali beroperasi kapasitas penuh setelah penutupan sembilan bulan karena serangan berulang-ulang selama protes populer tahun lalu yang memaksa mantan Presiden Ali Abdullah Saleh untuk mundur. 

Kemudian wakil presiden, Abd-Rabbu Mansour Hadi, terpilih pada bulan Februari sebagai presiden baru.

Pemerintah transisi Hadi, yang tergantung pada ekspor minyak hingga 70 persen dari anggaran, sedang berjuang untuk memulai dialog yang mendukung rekonsiliasi nasional PBB yang direncanakan pada bulan Desember untuk menyatukan kembali pembagian tentara dan merestrukturisasi lembaga-lembaga konstitusional.

Referensi :http://www.wartanews.com/timur-tengah/968da02d-01e0-b611-ff5f-eafced35afdb/pipa-utama-ekspor-minyak-yaman-kembali-diledakkan