Senin, 03 Desember 2012

Israel: Serangan ke Iran Menguntungkan Dunia Arab

Foto : Pasukan Israel (huffingtonpost)

Foto : Pasukan Israel (huffingtonpost)


PARIS - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meyakinkan negara-negara Arab bahwa, serangan militer ke Iran akan membawa sebuah keuntungan besar. Netanyahu mengklaim, seluruh negara Arab akan terbebas dari ancaman bila Iran diserang.

Kepala pemerintahan Negeri Yahudi itu berpendapat, serangan ke Iran tidak akan menyebabkan kekacauan di wilayah Timur Tengah. Netanyahu yakin, Iran bukan negara yang didukung oleh negara-negara Arab lainnya.



"Saya pikir, rasa aman akan menyebar di Timur Tengah (bila Iran diserang). Iran bukanlah negara yang populer di dunia Arab dan beberapa pemerintahan di wilayah itu sudah mengerti akan bahaya senjata nuklir Iran," ujar Netanyahu, seperti dikutip Paris Match, Rabu (31/10/2012).

Seperti diketahui, serangan militer ke Iran menjadi satu hal yang kurang didukung Barat dan Amerika Serikat (AS). Barat dan AS cenderung mendukung pemberlakuan sanksi ekonomi agar program nuklir Iran lumpuh. Meski demikian, Netanyahu justru menyebut rekan-rekannya skeptis terhadap serangan militer ke Iran dan Netanyahu tidaak pernah berhenti mengkampanyekan rencana serangan itu.

Netanyahu yang tetap mencalonkan diri di Pemilu Israel mendatang, menyatakan pula bahwa, negaranya akan menunda serangan militer ke Iran hingga musim semi atau musim panas. Namun Netanyahu tidak memberikan detil-detil mengenai waktu untuk menyerang Iran.

Sejauh ini, Israel memandang nuklir Iran bak ancaman nyata yang akan menghancurkan bumi. Namun Iran tetap tidak menyerah untuk meyakinkan dunia bahwa, program nuklir itu tidak berbahaya dan tidak ditujukan untuk membangun senjata atom. Iran pun tidak pernah melontarkan ancaman-ancaman terhadap negara Arab lainnya.

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad sudah menegaskan, sampai kapan pun, negaranya tidak akan menjadi ancaman Negara Arab, khususnya di wilayah Teluk. Menurutnya, reaktor-reaktor nuklir Iran tidak bisa dikatakan sebagai suatu hal yang mengancam negara lain. 

"Ada lebih dari 500 reaktor nuklir di dunia ini. Mengapa Barat tidak memnyinggung potensi resiko di seluruh reaktor nuklir, dan hanya membicarakan reaktor kami?" ucap Ahmadinejad.

Referensi :http://international.okezone.com/read/2012/10/31/412/711406/israel-serangan-ke-iran-menguntungkan-dunia-arab