Jumat, 18 Januari 2013

3 Kunci Utama yang Harus Dipahami Oleh Penggerak Bisnis

Dalam hal nya perkembangan berbisnis, pelanggan merupakan orang yang harus dilayani dengan sebaik mungkin. Dengan pelayanan yang prima, pelanggan mampu dibuat setia dan akan terus menerus mempercayakan pada kita menjadi partner bisnis.
Dalam pendekatannya menjaga hati pelanggan merupakan hal yang urgent dalam menjaembangan bisnis kita. Berikut 3 kunci utama dari Michael LeBoeuf, Ph.D. dalam buku nya "Memenangi dan Memelihargan Seumur Hidup":


Quote:1. Sasaran paling utama dari setiap karyawan, termasuk wiraniaga ialah menciptakan dan memelihara pelanggan.
Inti dari bisnis dibidang jasa dan barang merupakan sesuatu yang harus lebih dari sekedar mendapatkan profit. Membuat pelanggan puas merupakan suatu aksi jangka panjang yang akan membuat bisnis kita maju. Dapat dipastikan pemusatan terhadap menjaga agar pelanggan puas akan memberikan keuntungan yang continous. Bahwa dengan memberikan segala kemungkinan yang terbaik kepada pelanggan, maka pada masa mendatang pelanggan yang merasa puas pasti akan kembali lagi.

2. Ada perbedaan besar antara menjual dan membantu seorang untuk membeli.
Ini bukan hanya kata-kata belaka. Perbedaan sesungguhnya ada dalam sikap kita dalam membedakannya. Sesungguhnya penjualan yang biasa merupakan hal yang bersifat manipulatif. Berbeda halnya dengan membantu orang membeli. Membantu orang membeli merupakan penyelidikan terhadap apa yang diinginkan pelanggan. Dan sejauh apakah kita dapat menyediakan/memenuhi kebutuhannya? Jika kita tidak dapat memenuhi kebutuhannya, apa salahnya kita mengantarkan atau menganjurkannya pergi pada orang lain yang bisa lebih memenuhi kebutuhannya daripada kita. Biarlah orang lain yang melayaninya ketika kita tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Perlakuan ini telah mencetak dampak positif pada pelanggan bahwa memang kita berniat menolong pelanggan tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Ingat, bujuk rayu menciptakan penjualan. Upaya menolong orang membeli, menciptakan pelanggan.

3. Manusia senang membeli tapi benci kalau orang menjual padanya.
Manusia senang membeli sesuatu yang membuat mereka bangga ketika memakainya. Tugas kita adalah membantu pelanggan itu dalam mendapatkan hal yang membuat dia bangga. Dan bila kita berhasil dalam membantu pelanggan tersebut, maka kita tak perlu pusing-pusing dalam melakukan penjualan. Jadi intinya sekali lagi niatkan "membantu'BUKAN menjual. Walau tujuan akhirnya sama, mendapatkan profit. Tetap renungkan perbedaan ini, orang benci ketika dirinya dijadikan objek penjualan. Tapi ketika orang diberikan bantuan yang bantuannya benar-benar dia butuhkan, maka sang pelanggan tersebut akan merasa sangat senang.




sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/50a0fcf5e674b49816000127/all-must-read-3-kunci-utama-yang-harus-dipahami-oleh-penggerak-bisnis/