Dalam hal nya
perkembangan berbisnis, pelanggan merupakan orang yang harus dilayani
dengan sebaik mungkin. Dengan pelayanan yang prima, pelanggan mampu
dibuat setia dan akan terus menerus mempercayakan pada kita menjadi
partner bisnis.
Dalam pendekatannya menjaga hati pelanggan merupakan
hal yang urgent dalam menjaembangan bisnis kita. Berikut 3 kunci utama
dari Michael LeBoeuf, Ph.D. dalam buku nya "Memenangi dan Memelihargan
Seumur Hidup":
Quote:1. Sasaran paling utama dari setiap karyawan, termasuk wiraniaga ialah menciptakan dan memelihara pelanggan.
Inti
dari bisnis dibidang jasa dan barang merupakan sesuatu yang harus lebih
dari sekedar mendapatkan profit. Membuat pelanggan puas merupakan suatu
aksi jangka panjang yang akan membuat bisnis kita maju. Dapat
dipastikan pemusatan terhadap menjaga agar pelanggan puas akan
memberikan keuntungan yang continous. Bahwa dengan memberikan segala
kemungkinan yang terbaik kepada pelanggan, maka pada masa mendatang
pelanggan yang merasa puas pasti akan kembali lagi.
2. Ada perbedaan besar antara menjual dan membantu seorang untuk membeli.
Ini
bukan hanya kata-kata belaka. Perbedaan sesungguhnya ada dalam sikap
kita dalam membedakannya. Sesungguhnya penjualan yang biasa merupakan
hal yang bersifat manipulatif. Berbeda halnya dengan membantu orang
membeli. Membantu orang membeli merupakan penyelidikan terhadap apa yang
diinginkan pelanggan. Dan sejauh apakah kita dapat menyediakan/memenuhi
kebutuhannya? Jika kita tidak dapat memenuhi kebutuhannya, apa salahnya
kita mengantarkan atau menganjurkannya pergi pada orang lain yang bisa
lebih memenuhi kebutuhannya daripada kita. Biarlah orang lain yang
melayaninya ketika kita tidak bisa memenuhi kebutuhannya. Perlakuan ini
telah mencetak dampak positif pada pelanggan bahwa memang kita berniat
menolong pelanggan tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Ingat, bujuk
rayu menciptakan penjualan. Upaya menolong orang membeli, menciptakan
pelanggan.
3. Manusia senang membeli tapi benci kalau orang menjual padanya.
Manusia
senang membeli sesuatu yang membuat mereka bangga ketika memakainya.
Tugas kita adalah membantu pelanggan itu dalam mendapatkan hal yang
membuat dia bangga. Dan bila kita berhasil dalam membantu pelanggan
tersebut, maka kita tak perlu pusing-pusing dalam melakukan penjualan.
Jadi intinya sekali lagi niatkan "membantu'BUKAN menjual. Walau tujuan
akhirnya sama, mendapatkan profit. Tetap renungkan perbedaan ini, orang
benci ketika dirinya dijadikan objek penjualan. Tapi ketika orang
diberikan bantuan yang bantuannya benar-benar dia butuhkan, maka sang
pelanggan tersebut akan merasa sangat senang.
sumber : http://www.kaskus.co.id/thread/50a0fcf5e674b49816000127/all-must-read-3-kunci-utama-yang-harus-dipahami-oleh-penggerak-bisnis/