Koneksi internet yang anda miliki tidak selalu dan selamanya lancar-lancar aja. Karena terkadang pasti mengalami gangguan. Namun apa bila anda mengalami hal ini maka anda jangan terburu-buru untuk langsung menghubungi pihak Internet Service Provider (ISP) tempat anda menyewa koneksi internet. Tidak ada salahnya untuk mencoba sendiri memperbaikinya.
Koneksi Putus
Untuk langkah awal mengetahui apakah koneksi internet anda terputus. maka anda harus melakukan langkah berikut :
1. Dari menu start pilih RUN lalu ketikkan CMD. Kemudian akan muncul layar hitam (pada tampilan defaultnya).
2. Pada layar CMD silahkan ketikkan IP publik yang di tanam pada komputer yang tidak bisa konek ke internet.
3. Apa bila muncul tampilan seperti berikut
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Berarti koneksi internet anda memang terputus.
Kemudian lakukan langkah berikut :
1. Cek colokan kabel yang masuk ke LAN Card. Sebaiknya dicabut dahulu kemudian dipasang baik-baik dan pastikan lampu LAN-nya menyala.
2. Cek Ip di komputer, apa sudah disetting dengan benar dan tidak mengalami perubahan. Di Linux, anda bisa masuk ke terminal konsole (shell) dan ketikkan perintah “ip a l” sedangkan di windows, masuk ke start kemudian run, ketik cmd dan lakukan perintah “ipconfig /all”. Pastikan ada ip address, netmask, ip gateway dan ip dns (nameserver).
3. Cek dan lakukan ping (penjelasannya ada dibawah) ke Ip Gateway (ip gateway biasanya adalah ip modem atau ip radio yang dipasangkan dari ISP) untuk melihat apa konek atau tidak. Ip Gateway bisa dilihat dengan perintah “ip r l” di linux dan perintah “ipconfig /all” di windows.
4. Jika koneksi ke Gateway bagus, maka coba lakukan ping ke DNS ISP langganan yang kita punya. Jika bisa maka dari komputer anda ke ISP tidak ada masalah
5. Sekarang anda bisa melakukan ping ke situs lokal (misalnya cbn.net.id) atau situs internasional (misalnya yahoo.com). Jika ada reply, seharusnya anda bisa browsing dan jika belum bisa, silahkan cek kembali IP DNS-nya.
6. Jika Ip DNS dipastikan benar dan sudah tersetting, coba lakukan tracerouter (ketik di terminal konsole) atau tracert (untuk windows, ketikkan di cmd) ke situs cbn.net.id atau yahoo.com. Dan jika putus lihat sampai dimana putusnya.
7. Jika dipastikan masalahnya dari ISP ke Internet, segera lakukan komplain dan minta penjelasan kenapa koneksinya putus.
Koneksi Lambat
1. Ping ke Ip Gateway, jika “icmp_seq” berurut dan tidak ada lompatan dari 1,2,3,4,.dst dan “time” masih disekitaran “0″ ms berarti koneksi ke Gate1way tidak ada masalah. Anda juga bisa melihat berapa persen paket lost yang hilang,,,,
2. Ping ke ip DNS-nya. Jika delay time-nya masih dibawah 10, misalnya 3 ms, 4ms, 5 ms. Kemungkinan koneksi Anda ke ISP masih normal
3. Ping ke cbn.net.id atau ke yahoo.com. Ping normal ke cbn.net.id biasanya berkisar antara 20-an ms hingga 50-an ms”, jika sampai tinggi sampai 200-an ms atau 500 ms, berarti ada yang tidak beres. Untuk ke yahoo.com biasanya berkisar antara “200-an ms” sampai “500-an ms” jika sampai delay time-nya hingga 1000-an ms atau 6000-an berarti koneksi ada masalah atau bisa jadi pemakaian internet anda sudah melebihi kapasitas bandwidth yang disewa.
4. Yang terakhis, mungkin sebaiknya telpon ke ISP anda untuk segera melakukan komplain dan sampaikan apa yang anda alami agar segera ditangani.
Koneksi Putus
Untuk langkah awal mengetahui apakah koneksi internet anda terputus. maka anda harus melakukan langkah berikut :
1. Dari menu start pilih RUN lalu ketikkan CMD. Kemudian akan muncul layar hitam (pada tampilan defaultnya).
2. Pada layar CMD silahkan ketikkan IP publik yang di tanam pada komputer yang tidak bisa konek ke internet.
3. Apa bila muncul tampilan seperti berikut
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Reply from 202.160.196.126: Destination host unreachable.
Berarti koneksi internet anda memang terputus.
Kemudian lakukan langkah berikut :
1. Cek colokan kabel yang masuk ke LAN Card. Sebaiknya dicabut dahulu kemudian dipasang baik-baik dan pastikan lampu LAN-nya menyala.
2. Cek Ip di komputer, apa sudah disetting dengan benar dan tidak mengalami perubahan. Di Linux, anda bisa masuk ke terminal konsole (shell) dan ketikkan perintah “ip a l” sedangkan di windows, masuk ke start kemudian run, ketik cmd dan lakukan perintah “ipconfig /all”. Pastikan ada ip address, netmask, ip gateway dan ip dns (nameserver).
3. Cek dan lakukan ping (penjelasannya ada dibawah) ke Ip Gateway (ip gateway biasanya adalah ip modem atau ip radio yang dipasangkan dari ISP) untuk melihat apa konek atau tidak. Ip Gateway bisa dilihat dengan perintah “ip r l” di linux dan perintah “ipconfig /all” di windows.
4. Jika koneksi ke Gateway bagus, maka coba lakukan ping ke DNS ISP langganan yang kita punya. Jika bisa maka dari komputer anda ke ISP tidak ada masalah
5. Sekarang anda bisa melakukan ping ke situs lokal (misalnya cbn.net.id) atau situs internasional (misalnya yahoo.com). Jika ada reply, seharusnya anda bisa browsing dan jika belum bisa, silahkan cek kembali IP DNS-nya.
6. Jika Ip DNS dipastikan benar dan sudah tersetting, coba lakukan tracerouter (ketik di terminal konsole) atau tracert (untuk windows, ketikkan di cmd) ke situs cbn.net.id atau yahoo.com. Dan jika putus lihat sampai dimana putusnya.
7. Jika dipastikan masalahnya dari ISP ke Internet, segera lakukan komplain dan minta penjelasan kenapa koneksinya putus.
Koneksi Lambat
1. Ping ke Ip Gateway, jika “icmp_seq” berurut dan tidak ada lompatan dari 1,2,3,4,.dst dan “time” masih disekitaran “0″ ms berarti koneksi ke Gate1way tidak ada masalah. Anda juga bisa melihat berapa persen paket lost yang hilang,,,,
2. Ping ke ip DNS-nya. Jika delay time-nya masih dibawah 10, misalnya 3 ms, 4ms, 5 ms. Kemungkinan koneksi Anda ke ISP masih normal
3. Ping ke cbn.net.id atau ke yahoo.com. Ping normal ke cbn.net.id biasanya berkisar antara 20-an ms hingga 50-an ms”, jika sampai tinggi sampai 200-an ms atau 500 ms, berarti ada yang tidak beres. Untuk ke yahoo.com biasanya berkisar antara “200-an ms” sampai “500-an ms” jika sampai delay time-nya hingga 1000-an ms atau 6000-an berarti koneksi ada masalah atau bisa jadi pemakaian internet anda sudah melebihi kapasitas bandwidth yang disewa.
4. Yang terakhis, mungkin sebaiknya telpon ke ISP anda untuk segera melakukan komplain dan sampaikan apa yang anda alami agar segera ditangani.