Jumat, 18 Januari 2013

5 Macam Bisnis Berdasarkan Cashflow

5 Macam Bisnis Berdasarkan Cashflow





Cashflow (CF) atau arus kas adalah darah dalam bisnis. Kehabisan kas, artinya kehabisan darah bisnis.

5 Macam Bisnis berdasar Cash flow (CF) :


1. CF Harian, segala bisnis yang dibayar tunai, seperti retail, minimarket, Rumah Makan, jual sayur, sewa lapangan futsal, pokoknya cash deh!
2. CF Bulanan, segala bisnis yang dibayar bulanan atau tempo 30 hari, seperti rumah kos, supplier tetap, sekolah, kursus, kreditan, fitness.
3. Cashflow Semesteran, segala bisnis yang dibayar berkala, 3 atau 6 bulanan, seperti tempat bimbingan belajar, kursus.
4. Cashflow Tahunan, segala bisnis yang dibayar pertahun, seperti deviden, kontrakan, properti, sekolah Taman Kanak-kanak, playgroup.
5. Cashflow Proyekan, segala bisnis yang tidak pasti dapat ordernya, dibayar setelah selesai, seperti tender-tender konstruksi, perumahan, pengadaan, EO.

Kelebihan dan kekurangan masing-masing cashflow:
• CF harian, memiliki kelebihan di perputaran. Dengan modal yang cekakpun, omset bisa berlipat. Bahkan bisa jadi 2 – 3 kali perputaran tiap harinya. Hanya saja karena marjin yang kecil, beresiko jika ada kerusakan, juga tingkat loyalitas pelanggan, karena rawan perang harga.
• CF bulanan, memiliki kelebihan ’STABIL’, karena seperti sudah dapat ikatan ’abonemen’, tingkat loyalitas dan repeat order-nya terjaga! Kekurangannya, pembayaran seringkali mundur.
• CF semesteran, seperti bimbingan belajar, biasanya membutuhkan waktu untuk mengedukasi pasar, apalagi jika mereknya belum terkenal. Kelebihannya, jika sudah menjadi pelanggan (misal: siswa), jarang mereka berpindah-pindah tempat sampai masa pembelajaran usai.
• CF tahunan, tentu saja tidak bisa dipakai untuk sandaran hidup sehari-hari, kecuali Anda punya rumah 12–> rumah Januari, Februari, Maret, sampai Desember, tiap bulan ada setoran.
• CF proyekan, seringkali menggoda secara marjin, tapi harus dihitung ulang return rata-rata/bulannya. Jangan-jangan lebih kecil daripada jualan sayur! CF proyekan juga tidak dapat diprediksi kapan dapatnya. Selain itu, Anda masih harus memenuhi kebutuhan harian Anda.

Anda bisa mengkombinasikan beberapa atau semua CF diatas untuk mendapat kestabilan. Yang penting, jangan sampai kas Anda kosong! Bahkan dalam kondisi rugipun, asalkan Anda masih bisa mengolah kas dengan cantik (bayar mundur), Anda masih bisa bertahan hidup!
Sebaliknya, meski UNTUNG BESAR, jika kas Anda kosong dan pembayaran tersendat, maka si Untung hanya bualan di KERTAS saja!

“Marjin bukan segalanya, kas lebih utama. Karena kas adalah darah bisnis Anda”