Senin, 03 Desember 2012

Draft Rancangan Konstitusi Mesir Diperkirakan Selesai Hari Ini

Draft Rancangan Konstitusi Mesir Diperkirakan Selesai Hari Ini

WartaNews, Kairo - Sekretaris Jenderal Majelis Konstitusi Mesir Amr Darrag mengatakan bahwa diskusi mengenai rancangan konstitusi diharapkan akan selesai akhir hari ini.

Sebuah suara dalam perakitan atas draft final akan mengikuti prosedur dan versi yang disetujui akan dirujuk ke Presiden Mohamed Morsi, kantor berita resmi MENA mengutip pernyataan Darrag melaporkan.

Darrag mengatakan kuorum yang diperlukan untuk pemungutan suara final pada konstitusi tercapai.


Dia menyebutkan bahwa satu-satunya solusi untuk keluar dari krisis Mesir adalah untuk menyelesaikan piagam baru sesegera mungkin, bahkan jika konsensus jauh lebih rendah dari yang diharapkan.

Dalam hal ini, Hossam al-Gharyani, kepala badan perancangan konstitusi, memperbaharui seruan pada mereka yang telah ditarik dari perakitan untuk kembali.

Beberapa perwakilan partai liberal, nasionalis dan kiri telah ditarik dari perakitan, pengeluhan representasi seimbang.

Dalam sesi majelis konstitusi yang digelar Rabu kemarin, Gharyani mengatakan withdrawers membuat kontribusi melalui bulan terakhir untuk menulis artikel dari draft, dan menambahkan bahwa ia mempertahankan kontak dengan mereka dalam beberapa cara di mana dia mendapat informasi bahwa sebagian terpaksa mundur di bawah tekanan yang meningkat dari pihak dan kelompok yang mereka miliki.

Sejauh ini, Mesir telah membentuk dua majelis untuk konstitusi. Yang pertama dipilih oleh Majelis Rakyat pada bulan Maret. Yang saat ini dibentuk pada tanggal 12 Juni.

Demonstrasi besar-besaran baru-baru ini berkobar di seluruh negeri dengan kerusuhan yang ditandai penolakan atas deklarasi konstitusi baru yang dikeluarkan oleh presiden Morsi, Kamis pekan lalu.

Deklarasi konstitusi baru memutuskan bahwa semua hukum, keputusan dan deklarasi konstitusional yang dikeluarkan oleh presiden sejak 30 Juni 2012, ketika ia memangku jabatan, adalah final dan tak tertandingi oleh siapa pun.

Sertifikasi keputusan presiden sebagai "revolusioner," kata juru bicara kepresidenan Yasser Ali bahwa tidak ada badan peradilan yang berhak membubarkan Dewan Syura (majelis tinggi) atau majelis konstituante.

Referensi :http://www.wartanews.com/timur-tengah/321cfce2-1f5f-ba30-c94b-4a3d3b3644a1/draft-rancangan-konstitusi-mesir-diperkirakan-selesai-hari-ini